Skip to main content

Cara Ampuh Usir Semut Dari Dapur


Ada banyak cara mengusir semut yang ditawarkan, mulai dari yang alami hingga kimia. Namun, kami menyarankan kamu, para ibu rumah tangga, untuk menggunakan cara mengusir semut yang alami. Selain lebih ramah lingkungan, cara mengusir semut alami juga aman untuk anak-anak. Pula, bahan yang digunakan juga berasal dari dapur dan nggak mahal. Penasaran apa saja bahan alami yang dipakai sebagai cara mengusir semut? Mari kita simak di bawah ini.

Buah Lemon

Selain sebagai bahan memasak serta minuman, buah lemon juga bermanfaat untuk menjauhkan semut dari dapur. Cara mengusir semut ini bisa kamu mulai dengan menaruh sari lemon yang sudah diperas di ambang pintu dan kusen jendela dapur. Sebarkan juga sari lemon di lubang-lubang atau retakan tembok yang berpotensi jadi jalan semut masuk.

Tidak hanya sarinya, kamu juga bisa menggunakan kulit buah lemon sebagai cara mengusir semut. Potong kulit lemon dalam ukuran yang kecil. Kemudian, taruh potongan kulit tersebut di sekitar pintu masuk dapur atau di dekat akses masuk dapur. Semut dijamin nggak bakal berani masuk ke dapur karena ia benci bau khas yang dihasilkan buah lemon.

Tepung

Semut juga kerap kali kita temui di lemari penyimpanan makanan. Padahal, kita sudah menutup lemari rapat-rapat. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya bila kamu menggunakan tepung sebagai cara mengusir semut. Taburkan tepung dengan membentuk garis yang sesuai dengan lekuk lemari makanan. Apabila semut mulai masuk ke lemari, ia akan terhalangi oleh garis tepung tersebut sehingga ia akan mundur dan pergi dari lemari makananmu.

Garam

Memiliki rasa yang berlawanan dengan gula, rasa asin yang dimiliki garam bisa membuat semut terbirit-birit pergi. Cara mengusir semut yang satu ini bisa dikatakan sangat praktis karena garam merupakan bahan memasak yang wajib dimiliki semua ibu rumah tangga. Cukup dengan menaburkan garam secukupnya di sekitar frame pintu. Kamu juga bisa menerapkan cara mengusir semut ini dengan menaruhnya di jalan yang biasanya dilewati semut untuk mencuri bahan makananmu.

Kulit Jeruk

Buah jeruk memang terkenal dengan rasanya yang manis sehingga jeruk juga digemari oleh semut. Dengan kenyataan yang seperti ini, kok bisa jeruk dijadikan cara mengusir semut? Ya, jeruk bisa jadi cara mengusir semut dengan menggunakan kulit buahnya. Ambil beberapa kulit jeruk dan blender dengan mencampurkan satu cangkir air hangat. Setelah halus, langsung tuang campuran tersebut secara perlahan ke sarang semut. Cara mengusir semut langsung ke sarangnya merupakan langkah yang tepat. Hal ini dikarenakan ratu semut berada di dalamnya sehingga saat ia mati, ia tidak mampu mengirimkan tentara semut lagi untuk mencari makanan.

Cuka

Berbeda dengan bahan makanan lain, cuka bisa jadi cara mengusir semut yang paling praktis. Mulailah dengan mencampurkan cuka dengan air dalam porsi yang sama. Taruh campuran tersebut dalam botol spray kecil. Ketika kamu menemukan sarang semut di dalam dapur atau bagian rumah lain, gunakan cara mengusir semut ini dengan langsung menyemprotkannya. Botol spray ini juga bisa kamu bawa saat pergi piknik bersama buah hati di taman terbuka untuk melindunginya dari gigitan semut nakal.

Tempat Makan Berisi Air

Cara mengusir semut ini nampaknya sudah banyak diterapkan. Bagi kamu yang belum tahu cara mengusir semut satu ini, kamu hanya membutuhkan wadah atau tempat makan. Isi wadah tersebut dengan air secukupnya. Taruh bahan makanan berbotol atau dalam kemasan antiair yang berpotensi dikerumuni semut, seperti kecap dan susu kental manis, dalam wadah tersebut. Tak hanya bahan makanan dalam kemasan, wadah isi air juga bisa digunakan di bawah kaki-kaki meja makan. Agar cara mengusir semut ini nggak membawa bahaya baru bagi rumah, kamu harus mengganti air secara rutin. Selain membuang semut yang tergenang, kamu juga bisa menghindari perkembangbiakkan jentik nyamuk. Bagaimana? Cara mengusir semut di atas mudah diterapkan dan ekonomis, bukan? Saat ingin menerapkan cara mengusir semut tersebut, kamu perlu ingat bahwa sebaiknya kamu langsung menyerang sarang semutnya karena terdapat si ratu semut. Jika semut diserang saat dalam perjalanan mengambil makanan, ratu semut akan semakin banyak mengirimkan tentara semut.

Tetap, higienitas juga perlu kamu terapkan. Simpan semua bahan makanan dalam wadah yang tertutup rapat, baik itu tempat makan plastik maupun besi. Jika ada remah-remah makanan yang terjatuh, segera bersihkan. Dengan menjaga kebersihan rumah, semut pun malas datang karena ia tidak bisa mengakses sumber makanannya.

Comments

Popular posts from this blog

AGENDA WAWANCARA KPR SUBSIDI APRIL 2018

Pada bulan ini, April 2018, Bank BTN selaku Bank pelaksana KPR Subsidi di regional Bengkulu memberikan beberapa rule atau aturan baru yang diberikan kepada setiap developer, marketting team atau calon debitur agar proses pengajuan KPR menjadi lebih tertata, rapi dan tepat.

Wawancara merupakan awal dari pertmeuan calon debitur/konsumen dengan pihak Bank BTN, nah, berikut ayo kita cek aturan baru mengenai wawancara di bulan April di Bank BTN. Berkas harus sudah terverifikasi, dibuktikan dengan cap verifikasi.YBS (Pemohon) wajib datang langsung ke Bank BTN, jangan lupa membawa identitas diri, KTP suami/istri, SIM dan lain-lain.Hari wawancaraSenin pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBRabu pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBJumat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIBWawancara dilakukan Face to Face, mengingat banyak sekali berkas yang dikembalikan karena nasabah tidak memberikan info yang sebenarnya.Lembar denah lokasi usaha/kerja wajib dicantumkan. Cantumkan Alamatnya dengan lengkap : jalan, nomor, RT, RW, kelurahan…

Kriteria Rumah Layak Huni

Kriteria rumah layak huni sebagai acuan dalam pengembangan rumah sejahtera mengikuti persyaratan teknis keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.
Aspek Keselamatan Persyaratan keselamatan bangunan rumah, meliputi : Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan, yaitu :
1. Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan merupakan kemampuan struktur bangunan rumah yang stabil dan kukuh dalam mendukung beban muatan, termasuk pertimbangan terhadap beban gempa dan angin.
2. Dalam memenuhi persyaratan ini salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kesesuaian struktur bangunan rumah sesuai dengan kerentanan gempa berdasarkan peta gempa terbaru
3. Kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.
4. Persyaratan kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran merupakan kemampuan bangunan untuk melakukan pengamanan terhadap bahaya kebakaran melalui sistem protek…

Cara Menjaga Tempat Cuci Piring Tetap Mengkilap

Sebagai salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan, wajar donk kalau tempat cuci piring/sink di rumahmu gampang kotor dan berbau. Masalahnya, membersihkan tempat cuci piring bukanlah yang gampang dilakukan sekejap mata saja. Seringkali kita merasa frustasi dan lelah saat kotoran dan noda yang ada di permukaan bak cuci piring nggak kunjung hilang meskipun sudah digosok berkali-kali.
Memang ada beberapa trik untuk menjaga tempat cuci piring mu tetap bersih dan mengkilap. Dengan menggunakan beberapa bahn sederhana, tampilan tempat cuci piring kamu akan terlihat seperti baru lagi.. hohoho. Kuy cek di bawah
Gunakan Baking Soda dan Perasan Air Jeruk Lemon
Untuk pembersihan yang lebih reguler, sahabat rumah oranye bisa menggunakan baking soda dan perasan air jeruk lemon guna mendapatkan hasil yang jauh lebih masksimal. Metode ini sangat mudah dan cepat, bisa langsung dilakukan sewaktu-waktu sehabis memasak dan mencuci piring, bahkan membersihkan pisau atau gunting berkar…