Skip to main content

Memilih Dan Merawat Tanaman Rambat Untuk Rumah Kamu


Tanaman rambat adalah salah satu alternatif pilihan untuk menghijaukan taman atau halaman hunian dan menyegarkan suasana hunian, terutama jika kamu yang memiliki persoalan keterbatasan lahan alias hunian berkonsep minimalis. Sifatnya tanaman rambat yang menempel pada media rambat dan pertumbuhannya cenderung secara vertikal mengikuti media tanam, tentu membuat tanaman rambat menjadi sangat hemat ruang.

Dengan banyaknya pilihan varian jenis tanaman rambat pada zaman now, membuatnya menjadi salah satu primadona dalam hal pertamanan. Namun, bukan berarti tak ada tantangan dan masalah dalam menanam tanaman rambat, lho. Dibawah ini ada beberapa jurus ampuh dan hal yang perlu kamu perhatikan saat menanam dan melakukan perawatan tanaman rambat. Yuk cek.

Mengenali Jenis Dan Karakteristik Tanaman Rambat Pilihan Kamu

Penting sekali untuk memahami sifat dan karakter dari tanaman rambat yang hendak kamu tanam. Mulai dari apakah tanaman tersebut mampu atau tahan menerima sengatan sinar matahari langsung atau tidak. Bagaimana media tanam dan media rambat yang diperlukan tanaman tersebut.

Bagaimana bentuk daun dan perambatan tanaman juga perlu kamu ketahui untuk menentukan  jarak tanam dari masing-masing tanaman rambat. Untuk tanaman rambat yang lebat dengan daun lebar,  mungkin diperlukan jarak lebih jauh antar tanaman pada saat ditanam untuk membantu tanaman dapat tumbuh dan berkembang lebih leluasa.

Tanaman Rambat Yang Sensitif Sama Media Tanam

Karena sifatnya yang merambat, tanaman rambat biasanya memiliki dahan yang lembut, tidak keras dan berkayu. Hal ini membuat jenis tanaman rambat hias sangat rentan terhadap penyakit-penyakit tanaman yang bersumber dari media tanam.

Jika taman memiliki media tanam yang kurang baik, memindahkan tanaman  ke pot mungkin bisa solusi lebih baik. Atau, kamu juga bisa mencoba mengganti tanam media tanam tanaman rambat menjadi cocopeat, material media tanam yang kini tengah populer dikalangan pecinta tanaman hias.

Pemanfaatan Media Rambat Tanaman Yang Cocok

Berbicara mengenai tanaman rambat, selain media tanam, terdapat juga media rambat yang perlu kamu perhatikan. Pastikan media rambat yang kamu sediakan mampu menunjang pertumbuhan dari tanaman rambat hias milikmu.

Misalnya untuk tanaman hias dollar, pastikan dinding memiliki permukaan kasar agar tanaman dapat merambat dengan baik. Untuk tanaman muda yang merambat di kanopi, kamu mungkin perlu sedikit mengikat atau menahan tanaman agar mampu merambat dengan baik sebelum cukup dewasa untuk menahan dahannya sendiri.

Pemangkasan Secara Berkala

Tanaman rambat adalah salah satu tanaman hias yang memerlukan pemangkasan rutin. Hal ini menyesuaikan tingkat kecepatan tumbuh dari jenis tanaman rambat. Pangkaslah tanaman rambat jika sudah mulai terlalu rimbut dan merambat keluar dari media rambatnya.

Hindari juga memangkas dahan utama dari tanaman rambat, tapi pangkaslah bagian ranting-ranting kecil pada bagian samping. Hal ini membantu agar tunas-tunas baru tetap tumbuh pada dahan utama setelah proses pemangkasan.

Penyiraman, Pemupukan, Dan Pembasmian Hama

Merawat tanaman rambat, layaknya tanaman hias pada umumnya, lakukanlah penyiraman, pemupukan dan pembasmian hama. Penyiraman bisa dilakukan sekali hingga dua kali dalam sehari, biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari.

Untuk pemupukan dan pembasmian hama bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi dari tanaman itu sendiri. Umumnya dilakukan sekali dalam sebulan.

Comments

  1. Pengen pada suatu saat nanam tanaman rambat juga.. Adem banget liatnya..

    ReplyDelete
  2. Aku ada kepikiran kalau punya rumah dikasih tanaman rambat macam di dongeng gitu. Tunggu nanti deh karena petawatannya juga lumayan

    ReplyDelete
  3. Kalau tanaman rambut masuk jenis benalu bukan ya? Soalnya kadang ada tanaman rambat yang suka merambati pohon

    ReplyDelete
  4. Tanaman rambat buat di gazebo bagus ya Mbak. Nanti kalo udah lebat bisa buat foto-foto, eaa

    ReplyDelete
  5. Aku nyerah soal tanaman. Beberapa kali coba nanem mati. Tapi ada sih tanaman rambat di rumah, cuma bukan aku yang ngerawatnya.

    ReplyDelete
  6. Dlu di depan rumah ada beberapa tanaman rambat yg ditanam, tp skrg mamah udh males rawat tanaman jadinya pada dipangkas2in deh

    ReplyDelete
  7. Sudah jarang liat tumbuhan
    Bunga rambat. ..Apakah ini juga banyak jenisnya n juga berbudget mahal...?

    ReplyDelete
  8. Keren artikelnya! Suatu saat pengin punya rumah dengan tanaman rambat, soalnya bagus buat begron foto ahaha. Ternyata cukup rumit juga ya ngerawatnya, harus belajar ekstra nih berarti.

    ReplyDelete
  9. Kalau misal tanaman rambat buah gimana ya, bagus gak ya.

    ReplyDelete
  10. Aku dulu pengen banget tanaman rambar akura mbatin di pagar dan atapteras gtu. Tapi blm nbemu tanaman yg pas. Kalau di rumah ortuku udah ada, enaknya bisa dipakai sebagai pagar atau tirai alami :D
    MSh mikir2 tanaman yas pas. Tapi jg kudu bener2 dirawat sabar2 yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AGENDA WAWANCARA KPR SUBSIDI APRIL 2018

Pada bulan ini, April 2018, Bank BTN selaku Bank pelaksana KPR Subsidi di regional Bengkulu memberikan beberapa rule atau aturan baru yang diberikan kepada setiap developer, marketting team atau calon debitur agar proses pengajuan KPR menjadi lebih tertata, rapi dan tepat.

Wawancara merupakan awal dari pertmeuan calon debitur/konsumen dengan pihak Bank BTN, nah, berikut ayo kita cek aturan baru mengenai wawancara di bulan April di Bank BTN. Berkas harus sudah terverifikasi, dibuktikan dengan cap verifikasi.YBS (Pemohon) wajib datang langsung ke Bank BTN, jangan lupa membawa identitas diri, KTP suami/istri, SIM dan lain-lain.Hari wawancaraSenin pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBRabu pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBJumat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIBWawancara dilakukan Face to Face, mengingat banyak sekali berkas yang dikembalikan karena nasabah tidak memberikan info yang sebenarnya.Lembar denah lokasi usaha/kerja wajib dicantumkan. Cantumkan Alamatnya dengan lengkap : jalan, nomor, RT, RW, kelurahan…

Kriteria Rumah Layak Huni

Kriteria rumah layak huni sebagai acuan dalam pengembangan rumah sejahtera mengikuti persyaratan teknis keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.
Aspek Keselamatan Persyaratan keselamatan bangunan rumah, meliputi : Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan, yaitu :
1. Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan merupakan kemampuan struktur bangunan rumah yang stabil dan kukuh dalam mendukung beban muatan, termasuk pertimbangan terhadap beban gempa dan angin.
2. Dalam memenuhi persyaratan ini salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kesesuaian struktur bangunan rumah sesuai dengan kerentanan gempa berdasarkan peta gempa terbaru
3. Kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.
4. Persyaratan kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran merupakan kemampuan bangunan untuk melakukan pengamanan terhadap bahaya kebakaran melalui sistem protek…

Cara Menjaga Tempat Cuci Piring Tetap Mengkilap

Sebagai salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan, wajar donk kalau tempat cuci piring/sink di rumahmu gampang kotor dan berbau. Masalahnya, membersihkan tempat cuci piring bukanlah yang gampang dilakukan sekejap mata saja. Seringkali kita merasa frustasi dan lelah saat kotoran dan noda yang ada di permukaan bak cuci piring nggak kunjung hilang meskipun sudah digosok berkali-kali.
Memang ada beberapa trik untuk menjaga tempat cuci piring mu tetap bersih dan mengkilap. Dengan menggunakan beberapa bahn sederhana, tampilan tempat cuci piring kamu akan terlihat seperti baru lagi.. hohoho. Kuy cek di bawah
Gunakan Baking Soda dan Perasan Air Jeruk Lemon
Untuk pembersihan yang lebih reguler, sahabat rumah oranye bisa menggunakan baking soda dan perasan air jeruk lemon guna mendapatkan hasil yang jauh lebih masksimal. Metode ini sangat mudah dan cepat, bisa langsung dilakukan sewaktu-waktu sehabis memasak dan mencuci piring, bahkan membersihkan pisau atau gunting berkar…