Skip to main content

5 Tanaman Air Pembersih Kolam Ikan


Memiliki kolam ikan di rumah merupakan kesenangan tersendiri bagi para penghuninya. Suara gemericik air akan membuat suasana menjadi lebih asri, ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari membuat hati merasa damai, tanaman air mempercantik tampilan kolam, dan pemandangan taman rumah pun jadi lebih indah. Tapi, penghuni rumah memiliki pekerjaan rumah lebih yakni membersihkan kolam ikan yang kotor secara rutin.

Kolam ikan mudah menjadi kotor akibat kotoran ikan, debu, dan juga lumut yang tumbuh. Kolam ikan kotor ini jika dibiarkan terlalu lama bisa memperburuk tampilan taman dan menciptakan lingkungan yang tidak sehat bagi ikan. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kolam ikan secara rutin, tanam saja beberapa tanaman air yang bisa membersihkan lumut atau debu pada kolam seperti yang dibawah ini:

Papyrus


Papyrus payung memiliki batang dengan ujung yang dipenuhi daun-daun panjang kecil. Tanaman air yang berwarna hijau di seluruh bagiannya ini tumbuh secara berkelompok. Bagian akarnya ada di dalam air dan daun-daunnya menyembul di bagian atas. Daunnya yang cukup lebat bisa dimanfaatkan untuk peneduh ikan-ikan di dalam kolam.

Demikian 5 tanaman air yang bisa membersihkan kolam ikan. Meski begitu, bukan berarti kamu terbebas dari tanggung jawab untuk membersihkan dan menguras air sama sekali. Sekitar 2-3 bulan sekali sudah cukup kok guys.

Bambu Air


Jika bambu pada umumnya ditanam di atas tanah dan bisa tumbuh menjulang tinggi, maka tanaman air yang satu ini hidupnya di dalam air sesuai dengan namanya. Bambu air memiliki bentuk yang menyerupai tanaman bambu asli, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tingginya hanya sekitar 25 hingga 100 cm saja. Untuk diameter batangnya sendiri, tanaman air ini maksimal tumbuh hingga 3 cm saja. Tanaman air berwarna hijau ini cocok diletakkan di sekeliling kolam ikan sebagai pembatas.

Lili


Tanaman air yang berikutnya tidak hanya mampu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih, tapi juga mempercantiknya. Pasalnya tanaman air kala lili ini berupa bunga yang layak disandingkan dengan bunga-bunga di daratan.

Warnanya putih bersih dan bentuknya menyerupai mulut terompet. Sekilas terlihat seperti bunga plastik. Tanaman air yang cantik ini juga memiliki aroma lembut sehingga waktu bersantai di pinggir kolam akan menjadi lebih menyenangkan.

Ganggang Rantai


Ganggang rantai adalah tanaman air yang sifatnya oksigenasi alias meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam ikan sehingga air tetap jernih dan ikan mendapat asupan oksigen yang cukup. Tanaman air yang satu ini bentuknya seperti semak-semak dan semua bagiannya bisa dibiarkan di dalam air.

Satu tandan ganggang rantai bisa bekerja efektif untuk setiap 3 meter persegi kolam ikan. Selain membersihkan kolam ikan, tanaman air ini bisa digunakan juga untuk berteduh dan berlindung oleh anak ikan.

Pisang Air 


Tanaman air yang pertama adalah pisang air atau dikenal juga dengan Typhonodorum lindleyanum. Diberi nama demikian karena bentuknya mirip seperti pohon pisang yang ada di daratan, hanya saja tanaman air ini berukuran lebih kecil. Daun agak mirip juga dengan daun talas. Tanaman air yang satu ini bisa tumbuh tinggi dengan daun yang bergelombang hingga panjang 1,5 meter. Akan cocok untuk menghiasi kolam ikan berukuran besar dan mencegah air kolam menjadi terlalu panas di siang hari.

Comments

Popular posts from this blog

AGENDA WAWANCARA KPR SUBSIDI APRIL 2018

Pada bulan ini, April 2018, Bank BTN selaku Bank pelaksana KPR Subsidi di regional Bengkulu memberikan beberapa rule atau aturan baru yang diberikan kepada setiap developer, marketting team atau calon debitur agar proses pengajuan KPR menjadi lebih tertata, rapi dan tepat.

Wawancara merupakan awal dari pertmeuan calon debitur/konsumen dengan pihak Bank BTN, nah, berikut ayo kita cek aturan baru mengenai wawancara di bulan April di Bank BTN. Berkas harus sudah terverifikasi, dibuktikan dengan cap verifikasi.YBS (Pemohon) wajib datang langsung ke Bank BTN, jangan lupa membawa identitas diri, KTP suami/istri, SIM dan lain-lain.Hari wawancaraSenin pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBRabu pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBJumat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIBWawancara dilakukan Face to Face, mengingat banyak sekali berkas yang dikembalikan karena nasabah tidak memberikan info yang sebenarnya.Lembar denah lokasi usaha/kerja wajib dicantumkan. Cantumkan Alamatnya dengan lengkap : jalan, nomor, RT, RW, kelurahan…

Kriteria Rumah Layak Huni

Kriteria rumah layak huni sebagai acuan dalam pengembangan rumah sejahtera mengikuti persyaratan teknis keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.
Aspek Keselamatan Persyaratan keselamatan bangunan rumah, meliputi : Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan, yaitu :
1. Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan merupakan kemampuan struktur bangunan rumah yang stabil dan kukuh dalam mendukung beban muatan, termasuk pertimbangan terhadap beban gempa dan angin.
2. Dalam memenuhi persyaratan ini salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kesesuaian struktur bangunan rumah sesuai dengan kerentanan gempa berdasarkan peta gempa terbaru
3. Kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.
4. Persyaratan kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran merupakan kemampuan bangunan untuk melakukan pengamanan terhadap bahaya kebakaran melalui sistem protek…

Cara Menjaga Tempat Cuci Piring Tetap Mengkilap

Sebagai salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan, wajar donk kalau tempat cuci piring/sink di rumahmu gampang kotor dan berbau. Masalahnya, membersihkan tempat cuci piring bukanlah yang gampang dilakukan sekejap mata saja. Seringkali kita merasa frustasi dan lelah saat kotoran dan noda yang ada di permukaan bak cuci piring nggak kunjung hilang meskipun sudah digosok berkali-kali.
Memang ada beberapa trik untuk menjaga tempat cuci piring mu tetap bersih dan mengkilap. Dengan menggunakan beberapa bahn sederhana, tampilan tempat cuci piring kamu akan terlihat seperti baru lagi.. hohoho. Kuy cek di bawah
Gunakan Baking Soda dan Perasan Air Jeruk Lemon
Untuk pembersihan yang lebih reguler, sahabat rumah oranye bisa menggunakan baking soda dan perasan air jeruk lemon guna mendapatkan hasil yang jauh lebih masksimal. Metode ini sangat mudah dan cepat, bisa langsung dilakukan sewaktu-waktu sehabis memasak dan mencuci piring, bahkan membersihkan pisau atau gunting berkar…