Skip to main content

Pilih Mana, Rumah atau Apartemen

pict by : www.pixabay.com

Heloww sahabat rumah oranye. :D. Pilihan hunian sekarang sudah banyak sekali ragamnya. Masyarakat juga bebas memilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhan atau selera masing-masing, pastinya sesuai juga dengan dana dan lokasi.

Namun, walaupun sudah dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yang variatif, masih banyak juga yang masih bingung bagaimana menentukan hunian yang tepat.

Seperti antara memilih rumah tapak atau apartemen. Dari kedua hunian ini, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan amsing-masing yang selalu ada, dan harus diperhatikan oleh calon pembeli. Contoh yang paling gampang ialah mengenai hal terkait hak dan kewajiban terkait apartemen dan rumah konvensional yang berbeda.

Bahkan ada perbedaan antara rumah tapak dan rumah vertikal yang menambah atau mengurangi daya tarik masing-masing. Nah, dibawah ini kami jabarkan pointnya:

Biaya Perawatan

Dalam hal biaya, so pasti rumah tapak jauh lebih hemat, karena penghuni tidak harus mengeluarkan berbagai macam biaya seperti biaya keamanan, biaya kebersihan dan lain-lain. Selain itu biaya listrik dan air yang lebih murah dikarenakan rumah tapak masuk ke dalam kategori rumah standar. Namun rumah tapak juga memerluka biaya perawatan tahunan seperti pengecatan eksterior, atap bocor dan lain-lain. 

Sedangkan apabila memilih di apartemen, penghuni harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal, karena ada berbagai macam tambahan biaya, misalnya seperti service charge, sinking fund, serta biaya listrik dan air yang lebih tinggi/mahal. Namun, untuk biaya perawatan bangunan ini ditanggung bersama dengan penghuni lainnya. Beberapa kerusakan yang umum dijumpai di rumah tapak seperti genteng/atap bocor dan arus pendek juga sangat jarang terjadi karena kabelnya sendiri ditanam di dalam pipa.

Renovasi Bangunan

Kebebasan penuh dalam melaksanakan renovasi rumah bisa didapat apabila kita memilih rumah tapak. Pemilik juga bebas dekorasi ini itu atau melakukan aktivitas hobi lainnya.

Sedangkan di apartemen, penghuni tidak bisa bebas. Ada aturan tersendiri sesuai dengan pengelola, bahkan ada beberapa pengelola yang men charge tambahan bagi penghuni yang ingin merenovasi unitnya.

pict by : www.pixabay.com

Status Kepemilikan Bangunan

Status kepemilikan rumah tapak adalah milik pribadi dan artinya bisa bebas diperjual belikan secara leluasa.

Lain halnya dengan apartemen, pembeli hanya mendapatkan Sertifikat HMSRS atau Sertifikat Hak Milik ata Satuan Rumah Susun atau strata title pada unit apartemennya saja.

dengan kata lain, yang menjadi hal milik ialah bangunan unitnya saja. sedangkan tanahnya milik bersama dengan penghuni apartemen yang lain.  

Status Tanah

Status tanah rumah tapak merupakan milik pribadi yang bebas diperjual belikan, berbeda dengan apartemen yang hanya memiliki HGB saja (Hak Guna Bangunan) dan HPL (Hak Pakai Pengelolaan Lahan) atau HPL. Umumnya status apartemen ialah HGB dengan dengan jangka waktu tertentu, misalnya 30 atau 50 tahun saja.

Pilihan Investasi

Harga jual yang selalu meningkat, menjadikan rumah tapak menjadi solusi untuk investasi jangka panjang. Nilai inflasi yang selalu meningkat menjadi indikator utaa kenapa harga tanah dan rumah selalu meningkat setiap saat.

Tentunya dengan harga sewa yang semakin naik semakin hari.

Rumah tapak juga merupakan produk investasi hunian terbaik untuk jangka panjang. Nilai tambahnya semakin melambung tinggi seiring dengan semakin sedikitnya lahan yang tersedia.

Namun, rumah tapak memiliki kelemahan seperti waktu penjualan yang lumayan lama, jika sedang beruntung maka akan terjual cepat. Lokasi dan bunga KPR yang lebih besar untuk rumah tangan kedua  turut andil dalam alasan kenapa rumah tapak lebih lama laku terjualnya. 

Lain halnya dengan apartemen yang merupakan sebuah pilihan investasi terbaik yang tepat untuk investasi jangka pendek dan jangka menengah. Bila disewakan, nilai apartemen jauh lebih besar dibanding rumah, tergantung dari fasilitas, luas ruangan, dan juga lokasi tentunya. Hal inilah yang membuat apartemen selalu cepat tersewa. 

  

Comments

  1. Kapan ada rezeki berlebih saya ingin merasakan kepemilikan sebuah apartemen di kota impian... semoga terwujud dech. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Kalo saya memilih rumah sajalah, soalnya kalo apartemen agak terbatas untuk berkreativitas. Kalo rumah kan mana tahu kepingin ubah model atau tambah bangun ruang lagi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Aku piliihhhh . Pilih dia aja . Hihuu

    ReplyDelete
  4. saat ini rumah dulu deh, nanti kalo ada duit bisa juga punya apartemen yaaah

    ReplyDelete
  5. Kalo ada apartemen terjangkau, Intan bakal lebih pilih apartemen dibanding rumah KPR mba. Wkwk. Mabuk sama jalannya, sama air sumurnya huhuuu

    ReplyDelete
  6. Kalau aku pilih rumah, karena bisa milih mau bangun dimana aja

    ReplyDelete
  7. Suatu saat nanti pengen punya apartemen kecil buat ditempatin sendiri. Saat masih single dan happy haha

    ReplyDelete
  8. Selama ini belum kepikiran soal rumah tapak dan rumah susun/apartemen.. mungkin karena tinggal di Bengkulu yang dimana-mana masih banyak tanah kosong kali ya? Jadi belum cemas harga bakal inflasi gitu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AGENDA WAWANCARA KPR SUBSIDI APRIL 2018

Pada bulan ini, April 2018, Bank BTN selaku Bank pelaksana KPR Subsidi di regional Bengkulu memberikan beberapa rule atau aturan baru yang diberikan kepada setiap developer, marketting team atau calon debitur agar proses pengajuan KPR menjadi lebih tertata, rapi dan tepat.

Wawancara merupakan awal dari pertmeuan calon debitur/konsumen dengan pihak Bank BTN, nah, berikut ayo kita cek aturan baru mengenai wawancara di bulan April di Bank BTN. Berkas harus sudah terverifikasi, dibuktikan dengan cap verifikasi.YBS (Pemohon) wajib datang langsung ke Bank BTN, jangan lupa membawa identitas diri, KTP suami/istri, SIM dan lain-lain.Hari wawancaraSenin pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBRabu pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBJumat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIBWawancara dilakukan Face to Face, mengingat banyak sekali berkas yang dikembalikan karena nasabah tidak memberikan info yang sebenarnya.Lembar denah lokasi usaha/kerja wajib dicantumkan. Cantumkan Alamatnya dengan lengkap : jalan, nomor, RT, RW, kelurahan…

Kriteria Rumah Layak Huni

Kriteria rumah layak huni sebagai acuan dalam pengembangan rumah sejahtera mengikuti persyaratan teknis keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.
Aspek Keselamatan Persyaratan keselamatan bangunan rumah, meliputi : Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan, yaitu :
1. Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan merupakan kemampuan struktur bangunan rumah yang stabil dan kukuh dalam mendukung beban muatan, termasuk pertimbangan terhadap beban gempa dan angin.
2. Dalam memenuhi persyaratan ini salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kesesuaian struktur bangunan rumah sesuai dengan kerentanan gempa berdasarkan peta gempa terbaru
3. Kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.
4. Persyaratan kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran merupakan kemampuan bangunan untuk melakukan pengamanan terhadap bahaya kebakaran melalui sistem protek…

Lingkungan Perumahan Sejahtera

Konsepsi Perumahan Sejahtera(RSh)Perumahan sejahtera dimaksudkan untuk menyediakantempat tinggal yang berkualitas namun tetap terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Perumahan Sejahtera yang dimaksud dalam peraturan menteri ini terdiri dari lingkungan perumahan sejahtera dan rumah sejahtera.
Lingkungan PerumahanSejahteraPengembangan lingkungan perumahan sejahtera bertujuan agar pengembangan rumah sejahtera dilakukan secara terpadu, terarah, terencana serta berkelanjutan. Perencanaan lingkungan perumahansejahterameliputiperencanaanhunian,prasaranadan sarana lingkungan serta utilitas umum yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan perumahan yang serasi, sehat, harmonis dan aman.
Pengaturan ini dimaksudkan untuk membentuk lingkungan perumahan sebagai satu kesatuan fungsional dalam tata ruang fisik, kehidupan ekonomi, dan sosialbudaya.Beberapaketentuanumumyangharusdipenuhidalam merencanakan lingkungan perumahan sejahteraadalah: 1. Lingkungan perumahan sejahtera merupakan bagian …