Skip to main content

Guide Memilih AC yang Tepat untuk Kamu

pict by : www.pixabay.com
Semua merk AC sekarang seakan-akan berlomba-lomba untuk membuat brosur atau penawaran produk dengan fitur yang membingungkan. Berbagai fitur yang ditawarkan seakan bermaksud membingungkan konsumen yang lupa bahwa tujuan AC yang utama adalah mendinginkan ruangan. Fitur lainnya adalah tambahan dan disini kami ingin mengingatkan kamu untuk memilih AC yang cocok.

Banyak terjadi konsumen membeli AC yang gak tepat sehingga konsumen sendiri yang dirugikan baik dari segi rate konsumsi listrik yang berlebihan hingga ketidaknyamanan dari penggunaan AC tersebut. Berikut kami sediakan beberapa point penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli AC. Kuy cek:

Pilih PK yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih AC ada hal pertama yang harus anda cari tahu adalah berapa PK yang anda butuhkan dari AC anda. Penggunaan PK yang kurang besar akan berakibat ruangan kamu yang lambat dingin atau terasa kurang dingin. Sebaliknya pada penggunaan PK yang terlalu besar akan mengakibatkan ruangan kamu terlalu dingin dan boros listrik pastinya.

Penentuan jumlah PK yang diperlukan adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan. Setelah itu barulah kamu membanding-bandingkan jenis tipe ACnya, penggunaan listrik sampe fitur tambahan lainnya.

Secara garis besar, gunakan rumus ini untuk menghitungnya:
= Luas Ruangan Dalam m2 x 500
= Lebar x Panjang x 500

Rumus tersebut akan menghasilkan hasil dalam satuan Btu. Anda lalu cocokkan dengan daftar dibawah ini untuk membantu anda mengkonversi berapa PK yang anda butuhkan:

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

pict by : www.pixabay.com

Tingkat Penggunaan Listrik

Pastikan kamu membandingkan AC setelah kamu mengetahui PK yang anda butuhkan dari AC kamu. Tidak masuk akal apabila kamu membandingkan AC 0.5 PK dengan AC 1.5 PK karena itu seperti membandingkan pisang dan mangga. hahaha

Pilih AC yang efisien, karena penggunaan AC yang gak tepat akan amat memboroskan biaya listrik pastinya. AC kamar tidur kamu akan nyala lebih dari 9 jam sehari tentu penting donk kamu memilih AC yang hemat listrik.

Dalam membandingkannya kamu juga harus melihat berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan. Sebagai informasi, AC tipe inverter akan menggunakan daya listrik yang lebih tinggi pada tarikan awal.

Tipe Standar, Low Watt atau Inventer?

Tipe Split AC saat ini bisa dibagi menjadi 3 tipe yaitu Standar, Low Watt dan Inverter. Tipe  AC Low Watt adalah tipe standar yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya irit listrik. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil. Secara konsep cara kerja tipe low watt dan tipe standar sama aja bray.

Berbeda dengan tipe inverter, dimana AC inverter akan bekerja amat keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Berikut adalah cara mudah memilih tipe AC:
  • Rumah anda memiliki daya listrik pas pasan = Gunakan AC Low Watt
  • Pintu ruangan AC anda sering dibuka tutup = Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda sering dimati-nyalakan = Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) = Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) = Gunakan AC Inverter

pict by : www.pixabay.com

Fitur Tambahan


Banyak fitur tambahan yang tidak berguna pada AC anda. Dari semua fitur itu kami merekomendasikan anda membeli AC yang memiliki fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Fitur ini memiliki nama yang berbeda beda di setiap merk jadi pastikan anda bertanya terlebih dahulu.

Pada merk Sharp, teknologi ini disebut dengan teknologi Plasmacluster. Pastikan anda mencari teknologi serupa pada merk lainnya karena AC ini akan membuat ruangan anda lebih nyaman.



Comments

Popular posts from this blog

AGENDA WAWANCARA KPR SUBSIDI APRIL 2018

Pada bulan ini, April 2018, Bank BTN selaku Bank pelaksana KPR Subsidi di regional Bengkulu memberikan beberapa rule atau aturan baru yang diberikan kepada setiap developer, marketting team atau calon debitur agar proses pengajuan KPR menjadi lebih tertata, rapi dan tepat.

Wawancara merupakan awal dari pertmeuan calon debitur/konsumen dengan pihak Bank BTN, nah, berikut ayo kita cek aturan baru mengenai wawancara di bulan April di Bank BTN. Berkas harus sudah terverifikasi, dibuktikan dengan cap verifikasi.YBS (Pemohon) wajib datang langsung ke Bank BTN, jangan lupa membawa identitas diri, KTP suami/istri, SIM dan lain-lain.Hari wawancaraSenin pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBRabu pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBJumat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIBWawancara dilakukan Face to Face, mengingat banyak sekali berkas yang dikembalikan karena nasabah tidak memberikan info yang sebenarnya.Lembar denah lokasi usaha/kerja wajib dicantumkan. Cantumkan Alamatnya dengan lengkap : jalan, nomor, RT, RW, kelurahan…

Kriteria Rumah Layak Huni

Kriteria rumah layak huni sebagai acuan dalam pengembangan rumah sejahtera mengikuti persyaratan teknis keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.
Aspek Keselamatan Persyaratan keselamatan bangunan rumah, meliputi : Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan, yaitu :
1. Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan merupakan kemampuan struktur bangunan rumah yang stabil dan kukuh dalam mendukung beban muatan, termasuk pertimbangan terhadap beban gempa dan angin.
2. Dalam memenuhi persyaratan ini salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kesesuaian struktur bangunan rumah sesuai dengan kerentanan gempa berdasarkan peta gempa terbaru
3. Kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.
4. Persyaratan kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran merupakan kemampuan bangunan untuk melakukan pengamanan terhadap bahaya kebakaran melalui sistem protek…

Lingkungan Perumahan Sejahtera

Konsepsi Perumahan Sejahtera(RSh)Perumahan sejahtera dimaksudkan untuk menyediakantempat tinggal yang berkualitas namun tetap terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Perumahan Sejahtera yang dimaksud dalam peraturan menteri ini terdiri dari lingkungan perumahan sejahtera dan rumah sejahtera.
Lingkungan PerumahanSejahteraPengembangan lingkungan perumahan sejahtera bertujuan agar pengembangan rumah sejahtera dilakukan secara terpadu, terarah, terencana serta berkelanjutan. Perencanaan lingkungan perumahansejahterameliputiperencanaanhunian,prasaranadan sarana lingkungan serta utilitas umum yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan perumahan yang serasi, sehat, harmonis dan aman.
Pengaturan ini dimaksudkan untuk membentuk lingkungan perumahan sebagai satu kesatuan fungsional dalam tata ruang fisik, kehidupan ekonomi, dan sosialbudaya.Beberapaketentuanumumyangharusdipenuhidalam merencanakan lingkungan perumahan sejahteraadalah: 1. Lingkungan perumahan sejahtera merupakan bagian …