Skip to main content

Cara Menjaga Tempat Cuci Piring Tetap Mengkilap

pict by : www.pixabay.com

Sebagai salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan, wajar donk kalau tempat cuci piring/sink di rumahmu gampang kotor dan berbau. Masalahnya, membersihkan tempat cuci piring bukanlah yang gampang dilakukan sekejap mata saja. Seringkali kita merasa frustasi dan lelah saat kotoran dan noda yang ada di permukaan bak cuci piring nggak kunjung hilang meskipun sudah digosok berkali-kali.

Memang ada beberapa trik untuk menjaga tempat cuci piring mu tetap bersih dan mengkilap. Dengan menggunakan beberapa bahn sederhana, tampilan tempat cuci piring kamu akan terlihat seperti baru lagi.. hohoho. Kuy cek di bawah

Gunakan Baking Soda dan Perasan Air Jeruk Lemon

pict by : www.pixabay.com

Untuk pembersihan yang lebih reguler, sahabat rumah oranye bisa menggunakan baking soda dan perasan air jeruk lemon guna mendapatkan hasil yang jauh lebih masksimal. Metode ini sangat mudah dan cepat, bisa langsung dilakukan sewaktu-waktu sehabis memasak dan mencuci piring, bahkan membersihkan pisau atau gunting berkarat.

Kandungan alkali pada baking soda dapat mengangkat noda yang menempel atau sisa-sisa makanan yang mengerak. Baking soda dan perasan air jeruk lemon juga dikenal ampuh untuk menghilangkan bau makanan sisa.

Langkah pembersihannya adalah:
  • Siram seluruh permukaan tempat cuci piring dengan air panas, lalu diamkan sejenak agar mengering.
  • Taburkan baking soda ke dalam tempat cuci piring, kamu bisa menggunakan spons untuk meratakannya.
  • Usap secara perlahan terus-menerus hingga terlihat baking sodanya sampai menggumpal.
  • Gosok bagian yang berkerak dengan menggunakan sikat gigi atau sikat biasa.
  • Setelah selesai, bersihkan dengan air yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.
  • Keringkan permukaan tempat cuci piring dengan lap/handuk hangat.

Hidrogen Peroksida dan Garam Untuk Tempat Cuci Piring Keramik

pict by : www.pixabay.com

Beda material, beda pula cara membersihkannya. Untuk membersihkan tempat cuci piring yang terbuat dari keramik, kamu bisa menggunakan larutan campuran hidrogen peroksida dan garam. dibawah ini langkah-langkah membersihkannya.

  • Sterilkan tempat cuci piring dengan sabun dan air hangat
  • Siram permukaan tempat cuci piring dengan cairan hidrogen peroksida, untuk takarannya bisa sesuaikan saja dengan ukuran tempat cuci piring kamu
  • Untuk alternatif, apabila hidrogen peroksida susah didapatkan maka kamu bisa menggantinya dengan larutan cuka, meskipun larutan cuka gak bisa membersihkan bakteri secara maksimal seperti hidrogen peroksida, tapi its ok lah. :D
  • Untuk noda berkerak, taburkan garam di atasnya
  • Biarkan sesaat sekitar 15 menit, semakin lama semakin baik, semakin banyak bakteri yang terangkat
  • Bersihkan dengan air, lalu keringkan

Jangan Pernah Menggunakan Pembersih Kimia Untuk Tempat Cuci Piring dari Batu atau Logam

pict by : www.pixabay.com

Material tempat cuci piring yang terbuat dari batu dan logam aman digunakan untuk cuci piring karena anti terhadap bakteri e.coli. Cara membersihkannya pun sangat mudah lho. Cukup membersihkannya secara rutin dengan sabun cuci piring biasa.

Walaupun begitu, sahabat rumah oranye juga harus penggunaan bahan kimia dan cairan yang bersifat terlalu asam. Menggunakan cairan kimia sebagai pembersih dapat mengakibatkan keruskan pada material besi, tembaga dan platina. Bahkian ujungnya dapat mengakibatkan kebocoran pada tempat cuci piring yang tersusun dari batu.


Baca Juga :

Pilih Mana, Rumah atau Apartemen

Comments

  1. hmmm itu lemonnya bisa diganti pakai jeruk nipis kan? kalau lemon, mahal, mending dipake buat detox water, hehe.

    kalau pake hidrogen peroksida, sulit sih nyarinya. tapi kan bisa diganti cuka ya alternatifnya.

    hohooo, makasih sarannyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa donk, janagn samapi memberatkan pokoknya hehehehe

      Delete
  2. Ini untuk membersihkan toilet jongkok sepertinya juga bisa ya mba?? Soalnya dulu pernah lihat temen bersihin toilet kamar kost pake baking soda dan lemon juga mba
    Lumayan kalau jadi bersih ya tempat cuci piringnya

    ReplyDelete
  3. bener banget niiih sink cuci piring tuh area yg paling cepet bgt kotor dan cenderung susah dibersihin. tipsnya bakal berguna banget niih. kapan kapan kupraktekkan aah

    ReplyDelete
  4. Thanks ini tips yang bermanfaat banget looh! bisa kinclong lagi nih bak cuci piring!

    ReplyDelete
  5. kadang ini jadi hal yang selalu dilewatkan oleh orang rumah, tempat cuci piring jarang dibersihkan padahalkalau banyak bekas mekanan justru jadi sarang penyakit nih

    ReplyDelete
  6. Biasanya saya bersihkan dengan sabun cuci piring dengan varian lemon, tips yang bisa saya coba menggunakan baking soda. Tempat cuci piring bisa bersih dan tampil mengilap.

    ReplyDelete
  7. Tempat cuci piring emang sering banget kotor. Kadang setelah cuci piring langsung aja kabur karena merasa pekerjaan udah beres, padahal masih banyak noda yang nempel di tempat cucian piring. Alhasil besok-besoknya baru ketauan pas udah keliatan jelas. Thanks mba infonya

    ReplyDelete
  8. Selama ini cuma bersihkan pakai sabun cuci cair saja. Kalau bagian lubang air cuma diguyur air panas. Ternyata kurang bersih, ya.

    Mbak, kalau panci gosong bisa pakai cara ini ga sih? Selama baca, aku kok ingat panciku yang berkerak (Karena kupakai bikin pepes dan kebanyakan. 3 x pemanggangan. Jadi tak mau dibersihkan lagi. Hiks....)

    ReplyDelete
  9. Kalau saya biasanya langsung dibersihin sih tempat cuci piring setelah dipakai, tapi oke juga nih tipsnya, nanti bisa dipraktekkan

    ReplyDelete
  10. Selama ini saya hanya membersihkan pakai sabun untuk mencuci piring aja. Tapi memang dilakukan secara rutin, setiap hari. Jadi kotorannya tidak menumpuk.

    ReplyDelete
  11. Hidrogen peroksida bisa juga untuk menghilangkan penyumbatan di lubang kamar mandi yaa...

    Seingatku dulu Ibu selalu pakai larutan ini, supaya lubang tempat keluarnya air jadi lancar jaya (( kaya nama bis ))

    ReplyDelete
  12. Baru tahu nih kalo beda material beda cairan pembersihnya . Selama ini aku pakai yang ada di rumah, entah deterjen, shampo, sabun biasa. Thanks mau qshare ah

    ReplyDelete
  13. Wah ini tipsnya menarik :D
    Tipsnya bermanfaat banget. Emang kdng suka bau gtu di bak cuci piring. Aku bener2 catat nih tipsnya TFS aku mau coba :D

    ReplyDelete
  14. Nice, ternyata banyak al;ternatif yang bisa dipake buat menjaga kebersihan tempat cuci piring ya, setau saya kemaren cuma abu gosok sih hahaha

    ReplyDelete
  15. Belum pernah sih pakai lemon ..dan soda, palingan aku pakai aunligbt sisa cuci piring ..sikat dengan kawat panci...beres bersih..he2

    ReplyDelete
  16. Banyak banget sampainya, eh tempatnya. Pasti bingung ya...tips nya berguna banget y. Mantap

    ReplyDelete
  17. ini aku baru denger wkwkw kebiasaan jarang cuci cuci nih, tapi mantul juga siiih aku jadi tau hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AGENDA WAWANCARA KPR SUBSIDI APRIL 2018

Pada bulan ini, April 2018, Bank BTN selaku Bank pelaksana KPR Subsidi di regional Bengkulu memberikan beberapa rule atau aturan baru yang diberikan kepada setiap developer, marketting team atau calon debitur agar proses pengajuan KPR menjadi lebih tertata, rapi dan tepat.

Wawancara merupakan awal dari pertmeuan calon debitur/konsumen dengan pihak Bank BTN, nah, berikut ayo kita cek aturan baru mengenai wawancara di bulan April di Bank BTN. Berkas harus sudah terverifikasi, dibuktikan dengan cap verifikasi.YBS (Pemohon) wajib datang langsung ke Bank BTN, jangan lupa membawa identitas diri, KTP suami/istri, SIM dan lain-lain.Hari wawancaraSenin pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBRabu pukul 14.00 WIB - 15.00 WIBJumat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIBWawancara dilakukan Face to Face, mengingat banyak sekali berkas yang dikembalikan karena nasabah tidak memberikan info yang sebenarnya.Lembar denah lokasi usaha/kerja wajib dicantumkan. Cantumkan Alamatnya dengan lengkap : jalan, nomor, RT, RW, kelurahan…

Kriteria Rumah Layak Huni

Kriteria rumah layak huni sebagai acuan dalam pengembangan rumah sejahtera mengikuti persyaratan teknis keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.
Aspek Keselamatan Persyaratan keselamatan bangunan rumah, meliputi : Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan, yaitu :
1. Persyaratan kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan merupakan kemampuan struktur bangunan rumah yang stabil dan kukuh dalam mendukung beban muatan, termasuk pertimbangan terhadap beban gempa dan angin.
2. Dalam memenuhi persyaratan ini salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kesesuaian struktur bangunan rumah sesuai dengan kerentanan gempa berdasarkan peta gempa terbaru
3. Kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.
4. Persyaratan kemampuan bangunan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran merupakan kemampuan bangunan untuk melakukan pengamanan terhadap bahaya kebakaran melalui sistem protek…

Lingkungan Perumahan Sejahtera

Konsepsi Perumahan Sejahtera(RSh)Perumahan sejahtera dimaksudkan untuk menyediakantempat tinggal yang berkualitas namun tetap terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Perumahan Sejahtera yang dimaksud dalam peraturan menteri ini terdiri dari lingkungan perumahan sejahtera dan rumah sejahtera.
Lingkungan PerumahanSejahteraPengembangan lingkungan perumahan sejahtera bertujuan agar pengembangan rumah sejahtera dilakukan secara terpadu, terarah, terencana serta berkelanjutan. Perencanaan lingkungan perumahansejahterameliputiperencanaanhunian,prasaranadan sarana lingkungan serta utilitas umum yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan perumahan yang serasi, sehat, harmonis dan aman.
Pengaturan ini dimaksudkan untuk membentuk lingkungan perumahan sebagai satu kesatuan fungsional dalam tata ruang fisik, kehidupan ekonomi, dan sosialbudaya.Beberapaketentuanumumyangharusdipenuhidalam merencanakan lingkungan perumahan sejahteraadalah: 1. Lingkungan perumahan sejahtera merupakan bagian …