Lingkungan Perumahan Sejahtera


Konsepsi Perumahan Sejahtera (RSh)

Perumahan sejahtera dimaksudkan untuk menyediakan tempat tinggal yang berkualitas namun tetap terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Perumahan Sejahtera yang dimaksud dalam peraturan menteri ini terdiri dari lingkungan perumahan sejahtera dan rumah sejahtera.

Lingkungan Perumahan Sejahtera

Pengembangan lingkungan perumahan sejahtera bertujuan agar pengembangan rumah sejahtera dilakukan secara terpadu, terarah, terencana serta berkelanjutan. Perencanaan lingkungan perumahan sejahtera meliputi perencanaan hunian, prasarana dan sarana lingkungan serta utilitas umum yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan perumahan yang serasi, sehat, harmonis dan aman.

Pengaturan ini dimaksudkan untuk membentuk lingkungan perumahan sebagai satu kesatuan fungsional dalam tata ruang fisik, kehidupan ekonomi, dan sosial budaya. Beberapa ketentuan umum   yang harus        dipenuhi dalam  merencanakan lingkungan perumahan sejahtera adalah:
1. Lingkungan perumahan sejahtera merupakan bagian integral dari pengembangan kawasan sehingga dalam perencanaannya harus mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) setempat atau dokumen rencana lainnya yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota/Kabupaten.

2. Lingkungan perumahan sejahtera harus memenuhi persyaratan administrasi, teknis dan ekologis, baik yang dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha perumahan.

3. Penyediaan prasarana dan sarana lingkungan perumahan merupakan bagian dari sistem pelayanan umum sehingga dalam perencanaannya harus dipadukan dengan perencanaan lingkungan perumahan dan kawasan-kawasan fungsional lainnya.

4. Ilustrasi konsep hierarki lingkungan ini menggambarkan keterpaduan antar satuan lingkungan permukiman dengan lingkungan permukiman yang lainnya dari satuan lingkungan permukiman terkecil sampai dengan skala kawasan dan kota. Konsep keterpaduan ini dalam rangka keterpaduan sarana dan prasarana termasuk penyediaan akses penghubung antar kawasan.

5. Perencanaan pembangunan lingkungan perumahan harus menyediakan pusat-pusat lingkungan yang menampung berbagai sektor kegiatan (ekonomi, sosial, budaya), dari skala lingkungan terkecil hingga skala terbesar, yang ditempatkan dan ditata terintegrasi dengan pengembangan desain dan perhitungan kebutuhan sarana dan prasarana lingkungan.

6. Rancangan prasarana dan sarana lingkungan harus memenuhi persyaratan teknis kesehatan dan keselamatan sesuai Standar Nasional Indonesia atau ketentuan-ketentuan lain yang diatur dengan     Peraturan  Pemerintah,       Peraturan         Daerah   serta Pedoman Teknis yang disusun oleh instansi terkait.

7. Perencanaan lingkungan perumahan juga harus memberikan kemudahan bagi semua orang, termasuk yang memiliki ketidakmampuan fisik atau mental seperti para penyandang cacat, lansia, dan ibu hamil, penderita penyakit tertentu atas dasar pemenuhan azas aksesibilitas yang meliputi:

  • kemudahan, yaitu setiap orang dapat mencapai semua tempat atau bangunan yang bersifat umum dalam suatu lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah memberikan kemudahan sirkulasi bagi pejalan kaki dengan memberikan jarak terpendek antar fungsi;
  • kegunaan, yaitu setiap orang harus dapat mempergunakan semua tempat atau bangunan yang bersifat umum dalam suatu lingkungan;
  • keselamatan, yaitu setiap bangunan yang bersifat umum dalam suatu lingkungan terbangun, harus memperhatikan keselamatan bagi semua orang; dan
  • kemandirian, yaitu setiap orang harus dapat mencapai, masuk dan mempergunakan semua tempat atau bangunan yang bersifat umum dalam suatu lingkungan dengan tanpa membutuhkan bantuan orang lain.
8. Pengembangan prinsip Zero Delta Policy yang diartikan bahwa dalam pengembangan kawasan perumahan termasuk bangunan dan lingkungannya tidak boleh menimbulkan debit air limpasan yang lebih besar yang akan dialirkan pada badan air atau system drainase

9. Perencanaan pembangunan lingkungan perumahan harus dilaksanakan oleh tenaga ahli yang dapat menjamin kelayakan teknis, yang keberadaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Share your thoughts :

  1. sudah ambil rumah, semoga menjadi lingkungan perumahan sejahtera :)

    ReplyDelete
  2. Sedihnya itu developer kadang mengabaikan hal-hal diatas. Yang pernah saya temuin ya, kadang jalan gak layak, saluran pembuangan air seadanya yang berpotensi menyebabkan kebajiran. Developernya entah kemana setelah menerima pelunasan pencairan dari BTN. Semoga kedepan kawasan perumahan semakin baik.

    ReplyDelete
  3. Wah bagus nih perumahannya bang. Tapi ngambil perumahan kayak gini kalo di tempatku banyak dukanya. Wkwk. Dari mulai urusan jalan, air dll. Harus banyak-banyak sabar. :)

    ReplyDelete
  4. Kudh nabung dlu dri skrng ni mbx. Buat beli perumahan di masa akan dtang. Heheh

    ReplyDelete
  5. Banyak banget yang harus diperhatikan ya. Semoga masyarakat semua sejahtera.

    ReplyDelete
  6. Kalau di Bengkulu daerah mana ya yang ada perumahan sejahtera ini?

    ReplyDelete
  7. Di Bengkulu sudah ad belum bang kawasan Lingkungan Perumahan Sejahtera ini?

    ReplyDelete
  8. Perumahan seperti ini menjadi idaman bagi para konsumen, tentu tidak murah, tapi harapannya bisa dijangkau lah

    ReplyDelete