Istilah dan Definisi yang ada di Perumahan Sejahtera



1Rumah
Bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya.

2Rumah Layak Huni
Rumah yang memenuhi persyaratan keandalan bangunan dan kecukupan minimum luas bangunan, serta kesehatan penghuni.

3Rumah Inti (RI)
Tempat tinggal awal yang dibangun dengan menggunakan bahan bangunan dan konstruksi sederhana yang memenuhi persyaratan keselamatan bangunan yang terdiri atas sekurang-kurangnya ruangan utama dan ruang penunjang dengan maksud untuk dikembangkan menjadi rumah tumbuh hingga rumah sejahtera.

4Rumah Tumbuh (RT)
Tempat tinggal yang dibangun dengan menggunakan bahan bangunan dan konstruksi sederhana yang memenuhi setidaknya persyaratan keselamatan dan kesehatan yang dapat dikembangkan menjadi rumah sehat dan atau rumah sejahtera.

5Rumah Sehat (RS)
Tempat tinggal layak huni yang dibangun dengan menggunakan bahan bangunan dan konstruksi sederhana serta memenuhi setidaknya persyaratan keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan dan dapat dikembangkan menjadi rumah sejahtera.

6Rumah Sejahtera (RSh)
Bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, menjadi sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta memenuhi persyaratan fisik terhadap keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan, sehingga memungkinkan penghuninya dapat hidup sejahtera dalam melaksanakan dinamika kehidupan keluarganya (dinamika sosial, dinamika ekonomi, dan dinamika biologi).

7. Keandalan bangunan
Bangunan gedung yang memenuhi aspek keselamatan bangunan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. 
8Keselamatan
Persyaratan kemampuan bangunan gedung untuk mendukung beban muatan, serta kemampuan bangunan gedung dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bahaya petir.

9Kesehatan
Persyaratan sistem penghawaan, pencahayaan, sanitasi, dan penggunaan bahan bangunan gedung.

10Kenyamanan
Kenyamanan ruang gerak dan hubungan antarruang, kondisi udara dalam ruang, pandangan, serta tingkat getaran dan tingkat kebisingan.

11Kemudahan
Hubungan ke, dari, dan di dalam bangunan gedung, serta kelengkapan prasarana dan sarana dalam pemanfaatan bangunan gedung.

12Perumahan
Kumpulan rumah sebagai bagian dari permukiman, baik perkotaan maupun perdesaan, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni.

13Permukiman
Bagian dari lingkungan hunian yang terdiri atas lebih dari satu satuan perumahan yang mempunyai prasarana, sarana, utilitas umum, serta mempunyai penunjang kegiatan fungsi lain di kawasan perkotaan atau kawasan perdesaan.

14Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU)
Kelengkapan dasar fisik, fasilitas dan kelengkapan penunjang yang dibutuhkan agar perumahan dapat berfungsi secara sehat, aman, dan nyaman.

15Utilitas Bangunan
Kelengkapan bangunan penunjang untuk pelayanan lingkungan hunian.

16Aspek Geologi
Aspek yang berkaitan dengan struktur tanah, yang diperlukan antara lain untuk menentukan jenis pondasi, sistem pembuangan air limbah dan semua pekerjaan yang berhubungan dengan kondisi fisik tanah.

17Aspek Geografi
Aspek yang berkaitan dengan letak atau posisi lingkungan perumahan terhadap lingkungan di sekitarnya yang meliputi permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

18Aspek Topografi
Aspek yang berkaitan dengan fisik permukaan tanah seperti bentuk, karakter, tumbuhan, aliran sungai dan kontur tanah.

19. MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah)
Masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh Rumah.

20Persyaratan Teknis
Persyaratan tentang struktur bangunan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan yang berhubungan dengan rancang bangun, termasuk kelengkapan prasarana dan fasilitas lingkungan.

21Persyaratan Administratif
Semua ketentuan perizinan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat dalam rangka membangun rumah dan/atau perumahan seperti izin lokasi, peruntukannya, izin lingkungan, status hak atas tanah, dan/atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

22Persyaratan Ekologis
Persyaratan yang berkaitan dengan keserasian dan keseimbangan fungsi lingkungan, baik antara lingkungan buatan dengan lingkungan alam maupun dengan sosial budaya, termasuk nilai- nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan.

Share your thoughts :

  1. Aku jadi tahu istilah-istilah bangunan baca ini

    ReplyDelete
  2. No.6 yang menjadi impian kita semua kan ya?

    ReplyDelete
  3. Definisi rumah ternyata gitu ya. Saya terkesan sekali dengan kalimat "cerminan harkat dan martabat penghuninya".

    ReplyDelete
  4. Rumah juga menjadi salah satu aset dan investasi, karena harganya yang trus merangkak naik

    ReplyDelete
  5. Mksh ya kak infonya. Aku bari atu jga istilah2 itu. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu definisi rumah yang mbak jelaskan ini, spt rumah sejahtera, rumah sehat dll.

    ReplyDelete
  7. Baru tau rumah ada istilahnya gtu
    Tfs ya zef

    ReplyDelete
  8. Baru tau istilah-istilahnya mba. Kirain selama ini kalo berhubungan sengan perumahan hanya soal DP & cicilan wkwk

    ReplyDelete